Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Pertanda IQ Anda Tinggi adalah Perhatian Susah Dialihkan

    Kategori : Umum
     
     
     
    Tingkat intelijensia atau kecerdasan menentukan kecepatan dan banyaknya informasi yang dapat diserap oleh otak seseorang. Tak hanya itu, menurut sebuah studi baru, orang dengan IQ (intelligence quotient) tinggi juga cenderung tidak mudah teralihkan perhatiannya alias memiliki tingkat konsentrasi tinggi.

    Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini diperoleh dari pengamatan terhadap 53 partisipan yg diminta menjalani sebuah tes visual sederhana. Setiap partisipan diminta menonton sejumlah video klip pendek dimana terdapat balok berwarna hitam-putih bergerak-gerak di layar komputer.

    Video klipnya sendiri ada yang kecil dan hanya memenuhi bagian tengah layar, sedangkan beberapa video lainnya memenuhi seluruh layar.

    Satu-satunya tugas partisipan adalah untuk mengidentifikasi ke arah mana balok-balok itu bergerak, ke kanan ataukah ke kiri. Partisipan juga menjalani tes IQ standar.

    Hasilnya, orang dengan skor IQ lebih tinggi terlihat lebih cepat memperhatikan pergerakan balok-balok tersebut meski video klip yang mereka tonton hanya setengah layar. Sebaliknya partisipan ber-IQ tinggi tampak lebih lambat dalam mendeteksi pergerakan gambar pada video yang lebih besar atau satu layar penuh.

    Salah satu peneliti, Michael Melnick dari University of Rochester, Inggris mengatakan hasilnya begitu jelas.

    "Dari studi sebelumnya, kami menduga jika seluruh partisipan akan lebih buruk dalam mendeteksi pergerakan gambar yang besar, tapi ternyata individu ber-IQ tinggi jauh lebih buruk performanya," katanya seperti dilansir BBC.

    Para peneliti pun menjelaskan umumnya pergerakan background (latar belakang) tidaklah sepenting pergerakan obyek-obyek kecil di foreground (latar depan), misalnya ketika mengendarai mobil, berjalan menyusuri lorong atau mengamati ke seluruh penjuru ruangan.

    Tapi semakin tinggi IQ seseorang, maka semakin tinggi juga kemampuan seseorang untuk menyaring background yang mengalihkan atau mengganggu perhatiannya dan berkonsentrasi terhadap apa yang ia lihat di foreground.

    Bahkan dalam studi ini peneliti menemukan korelasi antara kemampuan seseorang untuk mengabaikan pergerakan dengan skor IQ-nya mencapai 71 persen. Padahal ketika melakukan studi inisiasi dengan melibatkan 12 partisipan saja, peneliti telah menemukan korelasi yang sama sebesar 64 persen.

    Terlepas dari itu semua, peneliti menekankan bahwa kemampuan untuk mengabaikan pergerakan bukanlah satu-satunya indikator tingkat intelijensia seseorang.

    "Karena intelijensia merupakan konstruksi yang luas, Anda tak dapat melacaknya dari salah satu bagian otak tertentu. Tapi karena cara ini begitu sederhana dan begitu erat kaitannya dengan IQ, bisa jadi ini akan memberi kita petunjuk tentang apa yang membuat kinerja otak menjadi efisien dan pada akhirnya lebih cerdas," tandas peneliti lain, Duje Tadin.

    "Setidaknya temuan ini memberikan gambaran baru tentang perbedaan neural processing, neurochemistry dan perbedaan neurotransmitter pada orang-orang yang IQ-nya berbeda-beda," pungkasnya.

    Sumber : BBC, detik.com
     
    Artikel Lain :
    kajian ilmiah analisa sidik jari

    pelatihan kecerdasan dan aktivasi otak di riau juni 2012

    memejamkan mata bisa meningkatkan memori

    ilmuwan : albert einstein jenius karena sinergi otak kiri dan kanan

    baca novel bisa meningkatkan fungsi otak

     
    Dibaca : 8612 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Baping Training Centre
    Jl.Haji Baping No.56, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia 13750
    HP : 0857-7969-8247, 0818-9510-70, 0812-1234-6758
    Fax. (021) 877-87912, Email : Info@otaktengahindonesia.com