Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Membantu Perkembangan Otak Anak dengan Musik, Tari dan Drama

    Kategori : Umum
     
     
     
    Selama ini orangtua hanya terpaku pada pendidikan formal untuk otak kiri seperti sekolah untuk kemampuan baca, tulis dan hitung (calistung) anak. Padahal pendidikan seni seperti menari, musik dan drama juga baik untuk perkembangan otak kanan.

    Ahli pendidikan menyarankan orangtua untuk mulai melibatkan anaknya dalam kegiatan seni sejak dini. Peneliti menuturkan ada alasan yang bisa dipercaya bahwa musik dapat merangsang otak bayi, tari membantu mengembangkan keterampilan motorik anak dan drama mengajarkan tentang emosi dan pemecahan masalah.

    Dalam laporan Departemen Pendidikan AS tahun 1998 diketahui bahwa anak-anak prasekolah yang diberikan pelajaran bermain keyboard memiliki nilai lebih tinggi dalam tes untuk mengukur penalaran spasial.

    "Seni adalah alat berpikir, cara anak-anak untuk berkomunikasi mengenai pemahaman dan kesalahpahaman. Tujuan dari seni tidak hanya sebatas pada kreativitas dan imajinasi," ujar Margie Carter, seorang spesialis pendidikan anak usia dini, seperti dikutip dari Parentmap.

    Rachel Glass dari West Seattle YMCA menuturkan bahwa seni adalah komponen penting untuk menuju kesiapan sekolah seorang anak. Sekolah lebih banyak mengajarkan tentang membaca, menulis dan berhitung, tapi seni lebih memberikan kontribusi dalam memberdayakan kemampuan si kecil dan juga mengembangkan perkembangan otaknya.

    "Misalnya menggambar dapat membantu perkembangan emosional, sehingga anak bisa memahami apa yang bisa membuatnya merasa senang, sedih atau takut. Sedangkan drama bisa membantu anak belajar tentang pengendalian diri dan empati. Ini adalah cara untuk memecahkan masalah, belajar menghadapi frustasi dan situasi sosial," ungkap Glass.

    Drama dan dongeng adalah cara yang baik untuk membantu meningkatkan kosakata anak dan belajar musik juga bisa berfungsi sebagai bahasa dan kendaraan belajar bagi anak-anak. Hal ini karena anak-anak akan merespons musik secara alami, ia dapat bergerak, membuat nada-nada sendiri dan belajar lebih mudah.

    Musik, drama dan tari akan memberikan wawasan dan membantu cara berpikir anak. Karena itu tak ada salahnya untuk memberikan les musik, tari atau drama pada anak sejak masih kecil.

    Sumber : detik.com
     
    Artikel Lain :
    6 bekal dasar yang patut diajarkan ke anak agar hidup mandiri

    nutrisi penting saat menghadapi ujian

    kapan waktu terbaik untuk otak?

    umur 1-6 tahun penting dikenalkan bahasa inggris

    tips memelihara kesehatan otak

     
    Dibaca : 3386 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Baping Training Centre
    Jl.Haji Baping No.56, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia 13750
    HP : 0857-7969-8247, 0818-9510-70, 0812-1234-6758
    Fax. (021) 877-87912, Email : Info@otaktengahindonesia.com