Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Depresi Kerap di Alami Anak di Masa Prasekolah

    Kategori : Umum
     
     
     
    Anak-anak juga bisa mengalami depresi, terutama bagi mereka yang menginjak masa prasekolah. Studi terbaru menunjukkan anak-anak prasekolah yang mengalami depresi tingkat emosinya lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengalami depresi.

    Menurut para peneliti di Washington University School of Medicine di St Louis, temuan ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan mengobati anak yang depresi di masa prasekolahnya. Sehingga potensi terjadinya masalah kesehatan psikis anak-anak di kemudian hari bisa dicegah.

    Para peneliti menggunakan MRI fungsional untuk menilai aktivitas otak pada 54 anak usia empat sampai enam tahun, termasuk 23 anak yang sudah didiagnosis mengalami depresi. Tak satu pun dari semua anak itu mengonsumsi obat antidepresi.

    Anak-anak yang mengalami depresi memiliki aktivitas yang lebih tinggi pada amygdalanya. Amygdala adalah bagian otak yang memproses emosi. Hasil penelitian ini diterbitkan di Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry edisi Juli, seperti dilansir Health 24.

    "Temuan ini benar-benar menunjukkan bahwa anak-anak yang mengalami gangguan psiskis seperti depresi, secara nyata sangat membutuhkan perawatan," kata ketua penulis, Michael gaffrey. Asisten profesor psikiatri ini juga mengatakan bahwa adanya perbedaan dalam otak anak-anak prasekolah bisa menandai awal masalah yang ada dalam hidup mereka, salah satunya depresi.

    Sementara melalui scanner fMRI, anak-anak ditunjukkan gambar wajah ekspresi senang, sedih, takut, dan netral. Menurut gaffrey, anak-anak yang depresi menunjukkan aktivitas amygdala yang tinggi saat mereka melihat wajah orang dengan ekspresi yang bisa membuat mereka tertekan.

    "Jadi mereka tidak hanya bereaksi terhadap wajah sedih dan bahagia saja. Berbagai ekspresi yang mereka lihat merangsang amygdala-nya dan itu mempengaruhi emosinya," imbuhnya. Dikutip dari kidshealth.org, terdapat tiga macam depresi yang biasanya terjadi pada anak-anak :

    1. Major Depression
    Major depression atau depresi berat adalah kondisi serius yang ditandai dengan suasana hati anak-anak yang terus menerus sedih, merasa tidak berharga atau bersalah, dan tidak mampu merasakan kenikmatan atau kebahagiaan.

    Seorang anak dengan depresi berat akan merasa tertekan hampir setiap hari. Ia selalu bad mood dan lekas marah dalam waktu yang lama. Kadang, anak dengan depresi berat sering tidak mengaku jika ia merasa sedih.

    2. Dysthymia
    Anak-anak yang mengalami dysthymia sering merasa sedih dan cepat marah, meskipun tidak separah saat mereka mengalami depresi berat. Kondisi psikisnya sering down hingga ia merasa putus asa, memiliki harga diri yang rendah, dan bahkan bermasalah dalam tidur dan makan. Setidaknya, 10 persen dari anak-anak yang menderita dysthymia bisa mengalami depresi berat.

    3. Bipolar disorder

    Gangguan psikis ini ditandai dengan berubahnya mood anak-anak. Seketika ia bisa merasa sedih dan putus asa, tapi di lain waktu ia menjadi anak yang mudah marah dan bertemperamen tinggi. Bipolar disorder ini bisa mempengaruhi satu hingga dua persen anak-anak.

    Sumber : kidshealth.org, detik.com
     
    Artikel Lain :
    berbagai aktivitas yang baik untuk otak anak

    tips agar anak mudah berkonsentrasi

    sekolah mulai tinggalkan keberagaman, hanya fokus pada angka

    proses kreativitas tak selamanya di otak kanan

    seni berbicara pada anak

     
    Dibaca : 8185 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Baping Training Centre
    Jl.Haji Baping No.56, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia 13750
    HP : 0857-7969-8247, 0818-9510-70, 0812-1234-6758
    Fax. (021) 877-87912, Email : Info@otaktengahindonesia.com